Bikes Wheels

General Blog Info

cara mencuci celana jeans

Rasanya semua setuju kalau celana jeans merupakan celana sejuta umat karena memang sangat nyaman untuk digunakan dalam kondisi kapanpun dimanapun. Meskipun begitu masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mencuci celana jeans yang baik supaya warnanya tidak mudah luntur. Oleh karena itu kali ini akan diberikan pembahasan bagaimana cara mencucinya yang baik.

1. Menghindari Penggunaan Mesin Cuci

Untuk mencuci celana jeans lebih baik menghindari penggunaan mesin cuci saat prosesnya. Karena menggunakan mesin cuci bisa merusak serat kain pada celana jeans. Kalaupun terpaksa gunakan kekuatan mengucek yang rendah pada mesin cuci sehingga bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada celana jeans.

2. Menghindari Detergen yang Mengandung Pemutih

Kalau tidak ingin warna jeans menjadi aneh karena luntur, ataupun pudar maka jangan menggunakan detergen yang mengandung pemutih. Karena penggunaan detergen yang mengandung pemutih bisa merusak warna asli celana jeans. Terutama untuk jeans yang memiliki warna gelap, jangan pernah.

3. Menggunakan Cairan Cuka

Walaupun sudah menggunakan cara terbaik ketika mencuci jeans, namun bukan tidak mungkin warna jeans bisa luntur. Kalau sudah seperti itu maka salah satu yang bisa menolong adalah cairan cuka. Karena cairan ini bisa mengembalikan warna yang pudar dan membuat jeans kembali seperti baru. Tapi penggunaannya juga harus tepat jangan berlebih.

4. Memakai Air Dingin

Usahakan jangan menggunakan air hangat untuk mencuci jeans. Karena bukannya menghilangkan noda, air hangat justru bisa menghilangkan warna. Apalagi jeans yang dicuci warnanya gelap. Lebih baik pakai air dingin supaya warna jeans tersebut tetap awet dan tidak pudar. Kalaupun tidak ada, pakai air biasa juga tidak masalah asal bukan air hangat.

5. Menghindari Penggunaan Sikat

Ini hal yang harus banget dihindari, karena penggunaan sikat bisa berdampak pada rusaknya serat kain pada celana jeans. Tidak hanya itu saja menggunakan sikat juga bisa membuat warna celana pada jeans menjadi pudar. Kalaupun ada noda yang menumpuk, usap perlahan namun agak ditekan supaya warna jeans tetap aman.

READ  Baju Bola Nama Sendiri Menjadi Trend Fashion Anak Muda

Baca juga: membuat baju nama sendiri

5. Menjemur Dalam Keadaan Terbalik

Selain menjelaskan cara mencuci celana jeans, disini juga sedikit disinggung bagaimana cara menjemur yang baik. Pertama jangan pernah menjemur langsung di bawah sinar matahari, dan selanjutnya jemur dalam kondisi terbalik. Hal ini akan menjaga keawetan dari celana jeans yang dimiliki.

6. Mencuci Dalam Jangka Waktu yang Tidak Terlalu Sering

Jeans itu ada baiknya untuk tidak dicuci terlalu sering. Karena justru kalau sering dicuci bisa membuat jeans terasa tidak nyaman. Jadi ada baiknya untuk mencuci beberapa kali saja, itupun kalau sudah benar-benar kotor. Hal ini untuk tetap menjaga kualitas dan kenyamanan dari jeans yang dikenakan.

Baca juga: cara merawat baju futsal

8. Merendam Terlebih Dahulu

Hal ini merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan, karena dengan merendam terlebih dahulu noda jeans bisa hilang. Jadi tidak perlu dikucek dengan kuat ataupun dicuci menggunakan mesin cuci, karena noda suda luruh saat direndam. Rendamnya menggunakan air dingin saja.

9. Menggosok Dengan Lembut

Terakhir jangan lupa untuk digosok dengan lembut supaya jeans tetap terjaga keawetannya. Jadi tidak perlu khawatir jeans akan rusak, apalagi sobek karena dengan metode ini jeans akan tetap terjaga keawetannya dan juga tetap terjaga kualitasnya.

Itulah tadi beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mencuci jeans. Dengan menggunakan cara mencuci celana jeans yang diterangkan di atas, maka pengguna bisa menjaga jeans untuk tetap awet dan terjaga kualitasnya. Sehingga tidak akan merusak kualitas asli dari jeans yang digunakan.